Sunday, 21 Jul 2024
Home
Search
Menu
Share
More
Jurnalis on Kegiatan Sekolah
2 May 2024 09:21 - 3 minutes reading

SMKN Wonosari Gelar P5 di Pesarean Gunung Kawi, Menelusuri Jejak Sejarah dan Budaya

Malang, Jawa Timur – SMKN Wonosari menyelenggarakan kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengunjungi salah satu situs bersejarah di Malang, yaitu Pesarean Gunung Kawi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dan mengenal lebih dalam sejarah dan budaya lokal.

Pesarean Gunung Kawi merupakan kompleks makam yang terletak di lereng Gunung Kawi, Malang. Di sini terdapat makam Eyang Kyai Zakaria II atau Eyang Djoego dan Eyang Raden Mas Iman Soedjono, dua tokoh spiritual yang dihormati di Jawa Timur.

Menurut sejarah, Eyang Kyai Zakaria II berpesan kepada muridnya, Eyang Raden Mas Iman Soedjono, untuk dimakamkan di lereng Gunung Kawi. Setelah wafatnya Eyang Djoego pada tahun 1871, Eyang RM Iman Soedjono dan beberapa murid Eyang Djoego menetap di daerah Wonosari, Gunung Kawi, untuk merawat makam beliau dan membangun komunitas setempat. Pada tahun 1876, Eyang RM Iman Soedjono meninggal dan dikebumikan di sebelah Eyang Djoego. Makam keduanya hingga saat ini terus dikunjungi oleh peziarah dari berbagai penjuru nusantara.

Menelusuri Makna Gapura dan Relief

Para siswa SMKN Wonosari tidak hanya berziarah, tetapi juga diajak untuk menelusuri makna gapura dan relief yang terdapat di Pesarean Gunung Kawi. Gapura di Pesarean Gunung Kawi dibangun di tiga lokasi, melambangkan tiga fase penting dalam kehidupan manusia: kelahiran, kedewasaan, dan kematian.

Relief-relief yang terukir di batu andesit menceritakan kisah perjalanan hidup Eyang Kyai Zakaria II dan Eyang Raden Mas Iman Soedjono. Para siswa antusias mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata tentang makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam relief tersebut.

Belajar Nilai-Nilai Pancasila

Kegiatan P5 di Pesarean Gunung Kawi ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada para siswa, seperti nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan memperkuat karakter siswa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Salah satu guru, mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan kepada para siswanya untuk belajar di luar kelas dan mengenal lebih dalam sejarah dan budaya lokal.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi para siswa dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam diri mereka,” .

Salah satu siswa kelas X, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan P5 di Pesarean Gunung Kawi.

“Saya belajar banyak tentang sejarah dan budaya lokal di sini. Saya juga semakin terinspirasi dengan kisah hidup Eyang Kyai Zakaria II dan Eyang Raden Mas Iman Soedjono,”.

Kegiatan P5 di Pesarean Gunung Kawi ini merupakan salah satu bentuk komitmen SMKN Wonosari dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Sekolah ini terus berupaya untuk mengembangkan karakter siswa yang beriman, berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.